BAB 4 SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PEMASARAN JASA
Nama : Kartika
Nim : 14510055
BAB 4
SEGMENTASI,
TARGETING DAN POSITIONING
PEMASARAN JASA
1.
SEGMENTASI
a. Bagi pemasaran konsumen, variabel
segmentasi utama adalah unsur:
-
Geografis
Berada di jalan patimura no 49 kota kediri jawa timur
-
Demografis
Usia (diatas 10 tahun) , Jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) ,
-
Psikografis
Untuk psikografis ini tidak memandang kelas
sosial dan gaya hidup ini semua bisa menikmati makanan mie kober setan.
-
Perilaku
Pengetahuan konsumen mengenai mie kober setan,
sikap para konsumen saat menikmati mie kober setan dan respon yang baik serta
pelayanan yang ramah sopan menjadi segmen perilaku terhadap mie kober setan.
b.
Pasar Bisnis,
meliputi unsur:
-
Demografi konsumen bisnis
(industri, ukuran perusahaan)
Usaha mie kober setan ini untuk ukuran dalam
segi usaha termasuk besar dimana sudah ada gerai di luar kota malang dan
menggunakan system kerjasama.
-
Karakteristik operasi
Karakteristik operasi ini melitputi
-
Pendekatan pembelian
Pendekatan yan dilalkukan dengan para pembeli yaitu dengan cara melayani
pembeli sesuai kemauannya, memperhatikan
pembeli sebagai raja, memberikan ucapan ulang tahun untuk pelanggan yang
memberikan ktpnya saat ada even.
-
Faktor situasional
Dalam factor situasi mie kober setan menggunakan situasi peluang dimana banyak
masyarakat penggemar makanan siap saji dimana banyak peminat mie apa lagi
makanan yang berbau pedas-pedas, dan sekarang banyak anak muda yang suka sekali
dengan selfi sehingga mie kober setan ini mendisain tempatnya bernuansa cafe
yang sehingga situasi ini menimbulkan ide untuk berbisnis kuliner.
-
Karakteristik pribadi
Langkah satu : survey
1. Dalam melakukan wawancara dengan konsumen mie kober ini ingin
metahui bagaimana Motivasi, Sikap Perilaku mie kober setan.
2. Untuk membuat
kerangka kuisioner segmentasi ini mie kober setan membuat kuisioner yang dimana dalam kuisioner ini
dapat mengetahui apa saja segmentasi yang akan dilakukan oleh mie kober setan.
3. Setelah itu menyebar kuisioner
resmi untuk mengumpulkan data tentang :
a. Atribut dan
peringkat kepentingan atribut
b. Kesadaran merek “mie kober setan” & peringkat
merek dalam pasar.
c. Pola pemakaian
produk “mie kober setan”.
d. Sikap terhadap
kategori produk “mie kober setan”.
e. Kondisi
geografis, psikografis dan media grafis responden apakah sudah sesuai atau belum.
Langkah dua : analisis
1.
Melakukan analisis statistik
terhadap data yang telah dikumpulkan pada tahap satu.
2.
Melakukan analisis
faktor à untuk membuang
variabel-variabel yang berkorelasi tinggi
3.
Melakukan analisis kluster à untuk mendapatkan kelomopk-kelompok secara
maksimal
Langkah tiga : pembentukan
1. Kelompok segmen
dapat dibentuk berdasarkan :
- Perbedaan sikap
- Perbedaan perilaku
- Perbedaan demografis
- Perbedaan psikografis
- Perbedaan mediagrafis
2. Masing-masing
segmen dapat diberi nama berdasarkan karakteristiknya yang dominan.
3. Segmentasi harus
dilakukan kembali secara periodik karena segmen berubah dari waktu ke waktu
2.
TARGETING
1.
Untuk menargetkan segmen
pasar terbaik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing:
- Ukuran segmen pasar untuk mie kober setan ini sendiri adalah siswa, mahasiswa dan masyarakt pada umumnya dan karakteristik pertumbuhan yang diinginkan mie kober setan adalah semakin meningkat dari bulan ke bulan.
- Daya tarik struktural untuk mie kober setan ini adalah menarik minat pelanggan dengan adanya diskon jika menjadi pelanggan ke berapa dari yang ditentukan mie kober setan.
- Kesesuaian dengan tujuan dan sumber daya perusahaan
Dengan adanya
tujuan mie kober setan yang ingin terus menambah inovasi baru dan meninggkatkan
penjualan serta sumber daya yang dimiliki mie kober setan ini sesuai atau
tidaknya akan dilihat setelah usaha ini dilakukan.
- Perusahaan lalu memilih satu dari strategi penetapan sasaran pasar
Strategi yang
dipilih dalam penetapan sasaran pasar ini adalah dengan adanya promo dan diskon
dalam pemhukaan awal bisni mie kober setan ini.
Menentukan
Target Market mempertimbangkan lima
pola Product specialization
Dalam
menentukan target market ini mie kober setan ini menggunakan beberapa
pertimbangan antara lain:
- Single Segment Concentration, dikarenakan usaha ini hanya memilih menggunakan satu segmentasi saja, sehinggga usaha mie kober setan ini bisa mencapai posisi yang kuat dalam segmen tersebut serta pengetahuan yang baik sehingga bisa memperoleh keuntungan yang tinggi.
- Product Specialization. Dimana mie kober setan membuat produk yang lain dari pada yang lain untuk lebih inovasi lagi dengan adanya produk yang sudah ada dan semakin diperbarui sesuai dengan perkembangan jaman.
- Market Specialization, dimana dengan adanya market specialization ini mie kober juga melayani kebutuhan dalam kelompok untuk memperoleh reputasi contonya dengan kerjasama dengan para club motor, mobil dll sehingga memiliki channel untuk digunakan dalam pemasaran produk mie kober setan.
3.
POSITIONING
Bagaimana sebuah produk dimata konsumen
yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal ini termasuk brand image,
manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. Inilah alasan
kenapa konsumen memilih produk suatu perusahaan bukan produk pesaing.
Suatu strategi dalam kegiatan pemasaran
yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages),
manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu
produk.
Suatu strategi untuk membangun
kepercayaan, keyakinan dan kompetensi bagi konsumen. Positioning adalah mengenai bagaimana perusahaan mendapatkan
kepercayaan pelanggan untuk dengan sukarela mengikuti perusahaan.
Kriteria
Positioning
- Kajian terhadap konsumen (customer).
Untuk konsumen
supaya puas dengna makanan yang disediakan mie kober setan ini pelanggan akan
merasakan sensasi pedas dan rasa yang unik disbanding dengan pesaing
2. Kajian pada kapabilitas perusahaan (company).
Kekuatan dan
keunggulan yang dimiliki mie kober setan yaitu sensasi pedas produk utama mie
kober setan ini. Dimana dalam segi makanan yang unik, tempat yang bernuansa
café nyaman, pelyanan yang cepat, lokasi yang mudah dijangkau oleh para
konsumen.
3. Kajian pada pesaing (competitor).
Mie kober setan
ini memiliki produk yang unik dibanging para pesaing diluar sana. Dengan kata
lain mie kober setan ini sudah menjadi mie pedas dengna berbagai sensasi level
kepedaasan yang cukup menantang.
- Kajian terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis (change).
Dalam usaha apa saja harus
mempertimbangkan perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis, dimana usaha
mie kober setan ini menginovasi para pegawai untuk lebih berkreasi dan
berkreasi sesuai dengan apa yang sekarang menjadi viral dalam dunia kuliner.
Komentar
Posting Komentar