BAB 4 SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PEMASARAN JASA



Nama  : Kartika
Nim     : 14510055
BAB 4
SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
PEMASARAN JASA
1.    SEGMENTASI
a.      Bagi pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adalah unsur:
-       Geografis
Berada di jalan patimura no 49 kota kediri jawa timur
-       Demografis
Usia (diatas 10 tahun) , Jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) ,
-       Psikografis
Untuk psikografis ini tidak memandang kelas sosial dan gaya hidup ini semua bisa menikmati makanan mie kober setan.
-       Perilaku
Pengetahuan konsumen mengenai mie kober setan, sikap para konsumen saat menikmati mie kober setan dan respon yang baik serta pelayanan yang ramah sopan menjadi segmen perilaku terhadap mie kober setan.
b.      Pasar Bisnis, meliputi unsur:
-       Demografi konsumen bisnis (industri, ukuran perusahaan)
Usaha mie kober setan ini untuk ukuran dalam segi usaha termasuk besar dimana sudah ada gerai di luar kota malang dan menggunakan system kerjasama.
-       Karakteristik operasi
Karakteristik operasi ini melitputi
-       Pendekatan pembelian
Pendekatan yan dilalkukan dengan para pembeli yaitu dengan cara melayani pembeli sesuai kemauannya,  memperhatikan pembeli sebagai raja, memberikan ucapan ulang tahun untuk pelanggan yang memberikan ktpnya saat ada even.
-       Faktor situasional
Dalam factor situasi mie kober setan menggunakan situasi peluang dimana banyak masyarakat penggemar makanan siap saji dimana banyak peminat mie apa lagi makanan yang berbau pedas-pedas, dan sekarang banyak anak muda yang suka sekali dengan selfi sehingga mie kober setan ini mendisain tempatnya bernuansa cafe yang sehingga situasi ini menimbulkan ide untuk berbisnis kuliner.

-       Karakteristik pribadi

Langkah satu : survey
1.      Dalam melakukan wawancara dengan konsumen mie kober ini ingin metahui bagaimana Motivasi, Sikap Perilaku mie kober setan.
2.      Untuk membuat kerangka kuisioner segmentasi ini mie kober setan membuat kuisioner yang dimana dalam kuisioner ini dapat mengetahui apa saja segmentasi yang akan dilakukan oleh mie kober setan.
3.      Setelah itu menyebar kuisioner resmi untuk mengumpulkan data tentang :
a.       Atribut dan peringkat kepentingan atribut
b.      Kesadaran merek “mie kober setan” & peringkat merek dalam pasar.
c.       Pola pemakaian produk “mie kober setan”.
d.      Sikap terhadap kategori produk “mie kober setan”.
e.       Kondisi geografis, psikografis dan media grafis responden apakah sudah sesuai atau belum.
Langkah dua : analisis
1.         Melakukan analisis statistik terhadap data yang telah dikumpulkan pada tahap satu.
2.         Melakukan analisis faktor  à untuk membuang variabel-variabel yang berkorelasi tinggi
3.         Melakukan analisis kluster à untuk mendapatkan kelomopk-kelompok secara maksimal
Langkah tiga : pembentukan
1.      Kelompok segmen dapat dibentuk berdasarkan :
    1. Perbedaan sikap
    2. Perbedaan perilaku
    3. Perbedaan demografis
    4. Perbedaan psikografis
    5. Perbedaan mediagrafis
2.      Masing-masing segmen dapat diberi nama berdasarkan karakteristiknya yang dominan.
3.      Segmentasi harus dilakukan kembali secara periodik karena segmen berubah dari waktu ke waktu

2.    TARGETING
1.       Untuk menargetkan segmen pasar terbaik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing:
    1. Ukuran segmen pasar untuk mie kober setan ini sendiri adalah siswa, mahasiswa dan masyarakt pada umumnya  dan  karakteristik pertumbuhan yang diinginkan mie kober setan adalah semakin  meningkat dari bulan ke bulan.
    2. Daya tarik struktural untuk mie kober setan ini adalah menarik minat pelanggan dengan adanya diskon jika menjadi pelanggan ke berapa dari yang ditentukan mie kober setan.
    3. Kesesuaian dengan tujuan dan sumber daya perusahaan
Dengan adanya tujuan mie kober setan yang ingin terus menambah inovasi baru dan meninggkatkan penjualan serta sumber daya yang dimiliki mie kober setan ini sesuai atau tidaknya akan dilihat setelah usaha ini dilakukan.
  1. Perusahaan lalu memilih satu dari strategi penetapan sasaran pasar
Strategi yang dipilih dalam penetapan sasaran pasar ini adalah dengan adanya promo dan diskon dalam pemhukaan awal bisni mie kober setan ini.
Menentukan Target Market mempertimbangkan lima pola Product specialization
       Dalam menentukan target market ini mie kober setan ini menggunakan beberapa pertimbangan antara lain:

  1. Single Segment Concentration, dikarenakan usaha ini hanya memilih menggunakan satu segmentasi saja, sehinggga usaha mie kober setan ini bisa mencapai posisi yang kuat dalam segmen tersebut serta pengetahuan yang baik sehingga bisa memperoleh keuntungan yang tinggi.
  2. Product Specialization. Dimana mie kober setan membuat produk yang lain dari pada yang lain untuk lebih inovasi lagi dengan adanya produk yang sudah ada dan semakin diperbarui sesuai dengan perkembangan jaman.
  3. Market Specialization, dimana dengan adanya market specialization ini mie kober juga melayani kebutuhan dalam kelompok untuk memperoleh reputasi contonya dengan kerjasama dengan para club motor, mobil dll sehingga memiliki channel untuk digunakan dalam pemasaran produk mie kober setan.




3.     POSITIONING
Bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal ini termasuk brand image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. Inilah alasan kenapa konsumen memilih produk suatu perusahaan bukan produk pesaing.
Suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.
Suatu strategi untuk membangun kepercayaan, keyakinan dan kompetensi bagi konsumen. Positioning adalah mengenai bagaimana perusahaan mendapatkan kepercayaan pelanggan untuk dengan sukarela mengikuti perusahaan.
Kriteria Positioning
  1. Kajian terhadap konsumen (customer).
Untuk konsumen supaya puas dengna makanan yang disediakan mie kober setan ini pelanggan akan merasakan sensasi pedas dan rasa yang unik disbanding dengan pesaing
2.      Kajian pada kapabilitas perusahaan (company).
Kekuatan dan keunggulan yang dimiliki mie kober setan yaitu sensasi pedas produk utama mie kober setan ini. Dimana dalam segi makanan yang unik, tempat yang bernuansa café nyaman, pelyanan yang cepat, lokasi yang mudah dijangkau oleh para konsumen.
3.      Kajian pada pesaing (competitor).
Mie kober setan ini memiliki produk yang unik dibanging para pesaing diluar sana. Dengan kata lain mie kober setan ini sudah menjadi mie pedas dengna berbagai sensasi level kepedaasan yang cukup menantang.
  1. Kajian terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis (change).
Dalam usaha apa saja harus mempertimbangkan perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis, dimana usaha mie kober setan ini menginovasi para pegawai untuk lebih berkreasi dan berkreasi sesuai dengan apa yang sekarang menjadi viral dalam dunia kuliner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 2 PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN JASA

BAB 7 STRATEGI PENETAPAN HARGA