BAB 11 STRATEGI LINGKUNGAN FISIK (PHYSICAL ENVIRONMENT)
BAB 11
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Strategi ini merupakan
suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen, untuk
membeli dan menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk
di dalam physical environment atau lingkungan phisik adalah bangunan
fisik, perabot/peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya
yang disatukan dengan service yang diberikan seperti tiket, sampul,
label, dan lain sebagainya. Selain itu atmosfir dari perusahaan yang menunjang
seperti visual, aroma, suara, tata ruang,dll.
Dalam kaitannya dengan strategi lingkungna fisik ini, usaha yang saya
dirikan ini memiliki unsur-unsur dalam physical environment antara
lain:
a.
bangunan fisik
Bangunan yang saya gunakan dalam usaha ini
sudah termasuk bangunan permanen yang pada umumnya dimiliki oleh para pengusaha
lainnya, yang memiliki ukuran cukup luas untuk sebuah warung mie setan.
b.
perabot/peralatan
Perabotan/peralatan yang saya gunakan dalam
usaha ini juga sama seperti yang ada pada warung mie setan pada umumnya tetapi
didalam usaha yang saya jalankan perabotan/peralatan yang saya gunakan saya
sesuaikan dengan kegunaan yang diperlukan tetapi ada peralatan/perabot juga
yang membantu dalam proses berjalannya usaha saya, seperti meja, kursi, dll.
logo yang saya gunakan dalam usaha saya juga
sudah ada untuk mengingatkan kepada pelanggan bahwa logo yang saya gunakan ini
mudah diingat dan sangat mencerminkan makanan yang saya jual
c.
warna
kaitannya dengan warna, saya juga menggunakan warna selain putih.
Selain itu terdapat juga atmosfir dari usaha saya yang menunjang seperti visual, aroma, suara,
tata ruang,dll. Dalam aroma yang
terdapat dalam usaha saya iini memiliki aroma khas serta suara yang tidak
bising lalu lalang kendara bermotor dalam usaha ini saya memberikan fasilitas
full music untuk mendukung berjalannya usaha saya, tata ruang dalam usaha saya
juga termasuk yang menentukan.
Komentar
Posting Komentar