BAB 11 STRATEGI LINGKUNGAN FISIK (PHYSICAL ENVIRONMENT)



BAB 11
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Strategi ini merupakan suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen, untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk di dalam physical environment atau lingkungan phisik adalah bangunan fisik, perabot/peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya yang disatukan dengan service yang diberikan seperti tiket, sampul, label, dan lain sebagainya. Selain itu atmosfir dari perusahaan yang menunjang seperti visual, aroma, suara, tata ruang,dll.
Dalam kaitannya dengan strategi lingkungna fisik ini, usaha yang saya dirikan ini memiliki unsur-unsur dalam physical environment antara lain:
a.       bangunan fisik
Bangunan yang saya gunakan dalam usaha ini sudah termasuk bangunan permanen yang pada umumnya dimiliki oleh para pengusaha lainnya, yang memiliki ukuran cukup luas untuk sebuah warung mie setan.
b.      perabot/peralatan
Perabotan/peralatan yang saya gunakan dalam usaha ini juga sama seperti yang ada pada warung mie setan pada umumnya tetapi didalam usaha yang saya jalankan perabotan/peralatan yang saya gunakan saya sesuaikan dengan kegunaan yang diperlukan tetapi ada peralatan/perabot juga yang membantu dalam proses berjalannya usaha saya, seperti meja, kursi, dll.
logo yang saya gunakan dalam usaha saya juga sudah ada untuk mengingatkan kepada pelanggan bahwa logo yang saya gunakan ini mudah diingat dan sangat mencerminkan makanan yang saya jual
c.       warna
kaitannya dengan warna, saya juga menggunakan warna selain putih.
            Selain itu terdapat juga atmosfir dari usaha saya yang menunjang seperti visual, aroma, suara, tata ruang,dll. Dalam aroma yang terdapat dalam usaha saya iini memiliki aroma khas serta suara yang tidak bising lalu lalang kendara bermotor dalam usaha ini saya memberikan fasilitas full music untuk mendukung berjalannya usaha saya, tata ruang dalam usaha saya juga termasuk yang menentukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 4 SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PEMASARAN JASA

BAB 7 STRATEGI PENETAPAN HARGA

BAB 2 PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN JASA