BAB 12 MANAJEMEN KUALITAS JASA
BAB 12
MANAJEMEN KUALITAS JASA
Parasuraman, Zeithamal dan Berry
(1985) melakukan penelitian khusus terhadap beberapa jenis industri jasa.
Sebelum mengelompokkan ke dalam lima dimensi, ketiga peneliti ini berhasil mengidentifikasi
sepuluh faktor yang dinilai konsumen dan merupakan faktor utama yang menentukan
kualitas jasa, yaitu : accsess,
communication, competence, courtesy, credibility, reliability, responsiveness,
security, understanding, dan tangible.
Selanjutnya Parasuraman (1988) melakukan kembali
penelitian pada kelompok fokus (focus
group), baik pengguna maupun penyedia jasa. Akhirnya ditemukan hasil, bahwa
terdapat hubungan yang sangat kuat antara communication, competence, courtesy,
credibility, dan security yang
kemudian dikelompokan menjadi satu dimensi yaitu assurance. Demikian pula halnya mereka menemukan hubungan yang
sangat kuat diantara accsess dan understanding yang kemudian digabung
menjadi dimensi emphaty. Akhirnya
Parasuraman (1988) mengemukakan lima dimensi kualitas jasa, terdiri dari:
1.
Reliability ( kehandalan)
Yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan
yang dijanjikan dengan tepat (accurately)
dan kemampuan untuk dipercaya (dependably), terutama memberikan jasa
secara tepat waktu (ontime), dengan
cara yang sama sesuai dengan jadual yang telah dijanjikan dan tanpa melakukan
kesalahan setiap kali. Adapun atribut-atribut yang berada dalam dimensi ini
antara lain adalah (Parasuraman , 2005):
a.
Memberikan
pelayanan sesuai janji
b.
Pertanggung jawaban tentang penanganan
konsumen akan masalah pelayanan
c.
Memberi pelayanan yang baik saat kesan pertama
kepada konsumen
d.
Memberikan
pelayanan tepat waktu
e.
Memberikan informasi kepada konsumen tentang
kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
2.
Responsiveness (daya tanggap)
Yaitu
kemauan atau keinginan para karyawan untuk membantu dan memberikan jasa yang
dibutuhkan konsumen. Membiarkan konsumen menunggu, terutama tanpa alas an yang
jelas, akan menimbulkan kesan negative yang tidak seharusnya terjadi. Kecuali
jika kesalahan ini ditanggapi dengan cepat, maka bisa menjadi suatu yang
berkesan dan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Atribut-atribut yang ada
dalam dimensi ini adalah (Parasuraman , 2005):
a.
Memberikan
pelayanan yang cepat
b.
Kerelaan
untuk membantu / menolong konsumen
c.
Siap dan tanggap untuk menangani respon
permintaan dari para konsumen
3.
Assurance (jaminan)
Meliputi
pengetahuan, kemampuan, keramahan, sopan, dan sifat dapat dipercaya dari kontak
personel untuk menghilangkan sifat keragu-raguan konsumen dan merasa terbebas
dari bahaya dan resiko. Atribut-atribut yang ada dalam dimensi ini adalah
(Parasuraman , 2005):
a.
Karyawan
yang memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen
b.
Membuat konsumen merasa aman saat menggunakan
jasa pelayanan perusahaan
c.
Karyawan
yang sopan
d.
Karyawan yang memiliki pengetahuan yang luas
sehingga dapat menjawab pertanyaan dari konsumen
4.
Emphaty (empati)
Meliputi
sikap kontak personel maupun perusahan untuk memahami kebutuhan maupun
kesulitan konsumen, komunikasi yang baik, perhatian pribadi, kemudahan dalam
melakukan komunikasi atau hubungan. Atribut-atribut yang ada dalam dimensi ini
adalah (Parasuraman , 2005):
a.
Memberikan
perhatian individu kepada konsumen
b.
Karyawan
yang mengerti keinginan dari para konsumennya
5.
Tangibles (produk-produk
fisik)
Tersedianya
fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya yang
dapat dan harus ada dalam proses jasa.
Atribut-atribut
yang ada dalam dimensi ini adalah (Parasuraman , 2005 ):
a.
Peralatan
yang modern
b.
Fasilitas
yang menarik
1.
Tangibles (bentuk
fasilitas fisik) Penampilan dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat
diandalkan. Tersedianya fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi
serta yang lainnya yang dapat dan harus ada dalam proses jasa. Atribut-atribut
yang ada dalam dimensi ini adalah (Parasuraman, 2005 ):
a. Peralatan yang modern
b. Fasilitas yang menarik
2. Reliability (kehandalan)
Kemampuan
memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan
terpercaya. Terdiri dari:
¡ Memberikan pelayanan sesuai janji
¡ Pertanggung jawaban tentang penanganan
konsumen akan masalah pelayanan
¡ Memberi pelayanan yang baik saat kesan pertama
kepada konsumen
¡ Memberikan pelayanan tepat waktu
¡ Memberikan informasi kepada konsumen tentang
kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
1. Responsiveness (tanggapan)
Keinginan untuk membantu pengguna dan
memberikan pelayanan dengan cepat serta mampu mengatasi masalah yang timbul
secara profesional. Terdiri dari:
¡ Memberikan pelayanan yang cepat
¡ Kerelaan untuk membantu / menolong konsumen
¡ Siap dan tanggap untuk menangani respon
permintaan dari para konsumen
4. Assurance (Jaminan)
Pengetahuan dan kemampuan
serta keramahan dalam melaksanakan tugas dapat menjamin pelayanan yang baik,
sehingga menimbulkan kepercayaan dan keyakinan pengguna Meliputi:
¡Karyawan yang
memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen
¡Membuat konsumen
merasa aman saat menggunakan jasa pelayanan perusahaan
¡Karyawan yang
sopan
¡Karyawan yang
memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat menjawab pertanyaan dari konsumen
1.
Emphaty ( Empati )
Memberikan
perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami
keinginan dan kebutuhan pemakai. Meliputi:
¡ Memberikan perhatian individu kepada konsumen
¡ Karyawan yang mengerti keinginan dari para
konsumennya
Dikaitankan dengan usaha yang saya dirikan memiliki dimensi kualitas
jasa antara lain:
1.
Reliability ( kehandalan)
Yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan
yang dijanjikan dengan tepat (accurately)
dan kemampuan untuk dipercaya (dependably), terutama memberikan jasa
secara tepat waktu (ontime), dengan
cara yang sama sesuai dengan jadual yang telah dijanjikan dan tanpa melakukan
kesalahan setiap kali. Adapun atribut-atribut yang berada dalam dimensi ini
antara lain adalah (Parasuraman , 2005):
c.
Memberikan
pelayanan sesuai janji
d.
Pertanggung jawaban tentang penanganan
konsumen akan masalah pelayanan
e.
Memberi pelayanan yang baik saat kesan pertama
kepada konsumen
f.
Memberikan
pelayanan tepat waktu
g.
Memberikan informasi kepada konsumen tentang
kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
Berkaitan dengan usaha yang saya dirikan adalah dengan adanya
kehandalan yang dimiliki oleh karyawan sehingga dapat dipercaya konsumen.
2.
Responsiveness (daya tanggap)
Yaitu
kemauan atau keinginan para karyawan untuk membantu dan memberikan jasa yang
dibutuhkan konsumen. Membiarkan konsumen menunggu, terutama tanpa alas an yang
jelas, akan menimbulkan kesan negative yang tidak seharusnya terjadi. Kecuali
jika kesalahan ini ditanggapi dengan cepat, maka bisa menjadi suatu yang
berkesan dan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Atribut-atribut yang ada
dalam dimensi ini adalah (Parasuraman , 2005):
a.
Memberikan
pelayanan yang cepat
b.
Kerelaan
untuk membantu / menolong konsumen
c.
Siap dan tanggap untuk menangani respon
permintaan dari para konsumen.
Kaitannya dengan usaha yang saya lakukan adanya daya tanggap dari
karyawan kepada konsumen sehingga karyawan memberikan pelayanan yang cepat,
siap tanggap kepada konsumen sehingga konsumen merasa nyaman dan senang
terhadap kualitas jasa yang saya berikan.
3.
Assurance (jaminan)
Meliputi
pengetahuan, kemampuan, keramahan, sopan, dan sifat dapat dipercaya dari kontak
personel untuk menghilangkan sifat keragu-raguan konsumen dan merasa terbebas
dari bahaya dan resiko. Atribut-atribut yang ada dalam dimensi ini adalah
(Parasuraman , 2005):
a.
Karyawan
yang memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen
b.
Membuat konsumen merasa aman saat menggunakan
jasa pelayanan perusahaan
c.
Karyawan
yang sopan
d.
Karyawan yang memiliki pengetahuan yang luas
sehingga dapat menjawab pertanyaan dari konsumen
Kaitannya dengan usaha yang saya jalankan adalah dengan adanya
jaminan tentang pengetahuan, kemampuan, keramahan, sopan dan sifat dapat
dipercaya sehingga karyawan dapat membantu konsumen memenuhi kebutuhannya.
4.
Emphaty (empati)
Meliputi
sikap kontak personel maupun perusahan untuk memahami kebutuhan maupun
kesulitan konsumen, komunikasi yang baik, perhatian pribadi, kemudahan dalam
melakukan komunikasi atau hubungan. Atribut-atribut yang ada dalam dimensi ini
adalah (Parasuraman , 2005):
a.
Memberikan
perhatian individu kepada konsumen
b.
Karyawan
yang mengerti keinginan dari para konsumennya
Kaitannya dengan usaha saya memang seharusnya adanya empati dari
karyawan untuk memahami kebutuhan maupun kesulitan konsumen dengan komunikasi
yang baik, perhatian pribadi kemudahan dalam segala hal sehingga karyawan dapat
memberikan perhaian individu kepada konsumen dan karyawan dapat mengerti
keinginan para konsumen.
5.
Tangibles (produk-produk
fisik)
Tersedianya
fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya yang
dapat dan harus ada dalam proses jasa.
Atribut-atribut
yang ada dalam dimensi ini adalah (Parasuraman , 2005 ):
a.
Peralatan
yang modern
b.
Fasilitas
yang menarik
Kaitannya dengan usaha saya memang seharusnya peralatan yang modern
dan fasilitas yang menarik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kuaitas
jasa, untuk usaha saya ini menggunakan peralatan yang modern dan fasilitas yang
mendukung dengan keadaan sekarang.
Komentar
Posting Komentar